Home » » Cara mengatasi Error pada browser Mozilla Firefox

Cara mengatasi Error pada browser Mozilla Firefox

  • Apakah Anda menggunakan peramban web (browser) Firefox ?
  • Apakah Firefox yang Anda gunakan sering error (crash, hang) ?

Jika jawaban Anda "YA", sebaiknya Anda baca artikel ini pelan-pelan dan hingga tuntas. Siapa tahu artikel ini bisa membantu menyelesaikan problem browser Firefox yang sering crash, hang, dan problem yang sejenisnya.

Mozilla Firefox adalah web browser yang sangat populer dan banyak penggunanya di seluruh dunia. Terlebih pada Firefox versi 18.01 yang menurut saya lebih powerfull dan 7x lebih gegas dalam menampilkan halaman web dibanding versi sebelumnya. Bahkan pada versi 18.01 kok sepertinya lebih cepat dari browser kebanggaan Google, Google Chrome.

Solusi

Oke, back to topik.
Berikut cara atau solusi ketika browser Firefox Anda mulai tidak bersahabat alias sering crash, error, hang, atau terjadi problem yang sejenis itu.
Cara update firefox, download mozilla firefox
Update Mozilla Firefox
Add-ons Manager Firefox, Mozilla
Tampilan window Add-ons Manager Firefox
  1. Pastikan Anda memakai Mozilla Firefox versi terbaru. Jika belum, Anda bisa mendownloadnya di Mozilla Firefox Web Browser - All Language (atau cukup upgrade ke Speed Check). Silahkan pilih sistem bahasa Firefox yang Anda suka. Untuk mengetahui apakah Firefox yang Anda pakai tergolong versi terbaru atau tidak, caranya adalah klik menu Help (pada Browser Firefox) kemudian pilih item About Firefox. Jika sistem komputer Anda sedang tersambung dengan Internet secara otomatis Firefox akan mendownload versi terbaru yang tersedia.
  2. Silahkan periksa add-ons atau ektensi yang terpasang di Firefox. Hapus saja semua add-ons yang sudah jadul atau add-ons yang tidak terpakai dengan cara : Pada Firefox, klik menu Tools dan kemudian pilih item Add-ons. Berikutnya akan nampak window Add-ons Manager. Klik menu Extension (sebelah kiri) untuk melihat daftar add-ons / ektensi yang terpasang. Klik tombol Remove untuk menghapus item add-ons yang Anda inginkan. Sesudah itu tutup (close) Firefox dan kemudian jalankan lagi Firefox.
  3. Periksa Plug-in Firefox. Lakukan update Plug-in jika memang diperlukan. Caranya seperti pada langkah ke 2 diatas. Tools - Add-ons - Plugins. Untuk memeriksa kelayakan Plugins yang terpasang, silahkan berkunjung ke https://www.mozilla.org/plugincheck/
  4. Jika semua sistem Firefox sudah diperbaharuhi tapi Firefox masih tetap Error, cobalah ganti RAM pada Motherboard komputer Anda. Agar stamina Firefox tetap prima, lakukan langkah 1, 2 dan 3 diatas sekurang-kurangnya sebulan sekali. Dan saya sarankan gunakan software Tool seperti CCleaner untuk membersihkan sampah-sampah di sistem komputer.


4 komentar :

Post a Comment