Home » » Cara identifikasi driver komputer dengan software Unknown Device Identifier

Cara identifikasi driver komputer dengan software Unknown Device Identifier

Other devices di device manager
Unknown Device
Saat selesai install ulang software operating system (OS) seperti Windows pada komputer, laptop atau notebook sering kali kita menemukan problem hardware di Device Manager yang bertanda tanya  (?) berwarna kuning. Misalnya seperti Display Adapter, Audio Adapter, Lan Adapter atau lainnya. Pada Device Manager, item hardware yang diberi tanda tanya  warna kuning menandakan hardware tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya dikarenakan sistem operasi tidak dapat menemukan driver yang sesuai. Hardware tidak akan dapat bekerja tanpa software driver.  Solusinya adalah dengan update driver yang bisa diperoleh dari CD yang umumnya disertakan dalam paket pembelian hardware. 

Jika tidak memiliki CD driver, solusi lain adalah dengan mencari dan mendownload software driver dari internet. Ada ribuan software driver yang tersedia di banyak website. Jika hardware tersebut punya merk ternama seperti Intel, AMD, Acer dan lainnya, untuk mendapatkan driver updatenya cukup dengan mengunjungi website resminya. Tetapi jika hardware tersebut seperti obat generik, dimana kita tidak tahu persis merk dan spesifikasinya, mencari driver yang cocok di internet tentu akan sangat melelahkan.

Software Identifier Unknown Device

Software Identifier Unknown Device dibuat untuk membantu mengidentifikasi tanda tanya berwarna kuning berlabel Other Devices di Device Manager. Software ini selain gratis juga cukup bagus dan sangat membantu kita dalam hal manajemen driver hardware komputer. 

Unknown Device Manager Identifier
Figur Unknown Device Identifier

Software Unknown Device Identifier akan memberikan detail laporan spesifikasi semua hardware yang terpasang. Detail laporan tersebut meliputi nama produsen, nama OEM, jenis perangkat, model perangkat dan bahkan nama yang tepat dari perangkat yang tidak dikenal. Dengan informasi yang dikumpulkan, bisa kita jadikan kata kunci pencarian driver di internet sehingga bisa memperoleh software driver yang tepat untuk hardware tersebut.

Software Unknown Device Identifier juga dilengkapi dengan fasilitas backup driver, yang fungsinya membuat file cadangan dari driver-driver yang sudah terpasang di sistem komputer yang suatu saat berguna jika komputer di install ulang.

Software Unknown Device Identifier support untuk OS: Windows 95, Windows 98, Windows 98SE, Windows Me, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Server 2008, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows Server 2012. 

Fasilitas :
  • Identify USB 1.1/2.0/3.0 Device
  • Identify IEEE 1394 Device
  • Identify ISA Plug&Play Device
  • Identify AGP Bus Device
  • Identify PCI, PCI-E, eSATA Device
  • Multilingual interface: English, French
  • Find Drivers for Hardware Devices
  • Contact Hardware vendor directly
  • Save or Print Hardware information

Official Website : HunterSoft

1 komentar:

  1. if you have downloaded the software, and how to install it? because of faulty so drivers can not be used to install

    ReplyDelete