Home » » Pengertian Google

Pengertian Google

Pengertian Google, Logo Google
Logo Google
Google, sebuah kata ngetren yang sangat tidak asing bagi pengguna internet seluruh dunia dan telah menjadi fenomena dunia yang tidak terbantahkan dalam menyajikan kemudahan mencari dan mengunduh informasi dunia tanpa batas ruang dan waktu.

Dewasa ini, Google telah bermetamorfosis menjadi sebuah kata kerja yang seharusnya merupakan kata benda. Karena Google adalah sebuah perusahaan. Namun, seringkali kita mendengar orang lain mengatakan “Googling”. Artinya mereka akan mencoba mencari tahu sesuatu atau menanyakan sesuatu pada Om Google tentang apa, siapa dan bagaimana sesuatu itu bisa diperoleh dengan cepat dan tepat.


Arti kata Google

Menurut situs kamus populer Dictionary.com arti Google itu sendiri adalah sebuah tren yang sering digunakan dalam pencarian melalui internet. Tren ini seringkali muncul sebagai sebuah kata kerja.

Sederhananya, arti Google secara harfiah adalah MENCARI. Namun karena Google sudah menjadi sebuah tren dalam dunia pencarian dunia maya, maka istilah Google telah berubah menjadi situs pencarian paling terkenal yang ada di internet, yaitu google.com.

Namun menurut Larry dan Sergey (Pendiri Perusahaan Google), Google bukanlah suku kata yang mengandung arti tertentu melainkan sebuah plesetan dari kata “googol,” sebuah istilah matematika untuk bilangan yang direpresentasikan dengan angka 1 yang diikuti 100 nol. Penggunaan istilah itu mencerminkan misi mereka untuk mengatur jumlah informasi di web yang terasa tidak terbatas.

Pengertian Google, Googol
Googol
Sebuah googol merupakan bilangan besar 10 pangkat 100, yang berarti, digit 1 diikuti oleh seratus nol (dalam desimal). Sebutan ini ditetapkan tahun 1920 oleh Milton Sirotta berusia 9 tahun (1911-1981), keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner. Kasner memopulerkan konsep ini dalam bukunya Mathematics and the Imagination (1940). Googol jarang ditemukan dalam matematika, tetapi berguna ketika membandingkannya dengan jumlah yang sangat besar seperti jumlah partikel subatomik pada jagat raya terjangkau atau jumlah permainan catur yang mungkin. Edward Kasner membuatnya untuk menggambarkan perbedaan antara angka yang sangat besar dan tak terbatas, dan kadang-kadang digunakan dalam pengajaran matematika. [wikipedia]

Google telah tumbuh dengan sangat pesat dan sukses. Diawali dengan menawarkan penelusuran dalam satu bahasa, hingga sekarang menawarkan lusinan produk dan layanan termasuk berbagai bentuk iklan dan aplikasi web untuk semua jenis tugas dalam banyak bahasa. Selain itu, diawali oleh dua mahasiswa ilmu komputer dalam kamar asramanya, sekarang Google memiliki ratusan pegawai dan kantor di seluruh dunia.

Misi Google adalah mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal.

Ingin tahu tampilan laman Google era tahun 1999 ..?? silahkan klik Internet Archive

1 komentar: