Home » » Indikator keamanan situs web dalam Google Chrome

Indikator keamanan situs web dalam Google Chrome

Google Chrome, cara aman browsing, http, https, ssl, akses internet
Logo Google Chrome
Sebelum ada internet seperti saat ini, hampir semua aktivitas masih bersifat konvensional. Tetapi hal ini sangat berbeda setelah lahirnya dunia internet. Keuntungan yang didapatkan dari perkembangan dunia teknologi online membuat segalanya menjadi mudah. Banyak perubahan yang didapat, seiring perkembangan internet yang begitu cepat.

Internet, adalah sebuah media yang menghubungkan proses komunikasi tanpa ada batas. Semakin banyaknya sisi kehidupan “nyata” berpindah ke dunia maya yang konon begitu gemerlap. Sebagai hasilnya, bagian-bagian dari kehidupan seperti informasi mengenai diri penggunanya, dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain di internet.

Bagi pengguna internet aktif, bukanlah hal yang tidak mungkin jika orang lain akan mudah mencari informasi pribadi nya seperti nomer handphone, foto, lokasi tempat tinggal bahkan informasi-informasi penting lainnya yang semestinya tidak boleh diketahui oleh orang lain.Namun sayangnya, bagi sebagian besar pengguna internet, sama sekali tidak memperdulikan faktor keamanan dan privasi mereka saat online di internet.

Gunakan Google Chrome

Disamping sisi kecepatan loading dan menampilkan laman web, Google Chrome, adalah software web browser yang pantas dipercaya sebagai web browser (perangkat lunak peramban web) paling aman digunakan menjelajahi dunia maya. Dimana ketika Anda tersambung ke sebuah situs web, Google Chrome dapat menunjukkan secara detail tentang sambungan Anda dan memperingatkan jika terjadi kegagalan dalam membangun sambungan internet yang benar-benar aman dengan situs yang sedang Anda kunjungi.

SSL, Enkripsi, http, https
Ikon sambungan SSL pada situs facebook.com
Berikut beberapa kutipan dari laman support Google Chrome tentang Indikator keamanan situs web yang harus diketahui.


Apakah situs menggunakan sambungan aman (SSL)

Jika Anda memasukkan informasi pribadi yang penting pada laman, lihat apakah ada ikon gembok di sebelah kiri URL situs pada bilah alamat yang menandakan situs menggunakan SSL. SSL adalah sebuah protokol yang menyediakan jalur yang dienkripsi antara komputer Anda dan situs yang sedang ditampilkan. Situs dapat menggunakan SSL untuk mencegah pihak ketiga mencampuri informasi yang sedang dipindahkan pada jalur tersebut.
IkonArtinya

tanpa SSL
Situs tidak menggunakan SSL. Banyak situs yang tidak perlu menggunakan SSL karena tidak perlu menangani informasi penting. Hindari memasukkan informasi penting seperti misalnya nama pengguna dan sandi pada laman seperti ini.

https, securehttps
Google Chrome berhasil membuat sambungan aman dengan situs. Cari ikon ini dan pastikan bahwa URL memiliki domain yang benar, jika Anda diharuskan masuk ke situs atau memasukkan informasi penting pada suatu laman.
Jika situs menggunakan sertifikat Extended Validation SSL (EV-SSL), nama organisasi juga akan tampil di sebelah ikon dalam warna hijau.
https kuning https  
Situs ini menggunakan SSL, tetapi Google Chrome mendeteksi ada konten yang tidak aman pada laman.Hati-hati jika Anda memasukkan informasi penting pada laman ini. Konten semacam itu dapat menjadi celah bagi orang berniat jahat untuk mengubah tampilan laman.

httpsmerah https
Situs ini menggunakan SSL, tetapi Google Chrome mendeteksi adanya konten yang tidak aman berisiko tinggi pada laman atau adanya masalah dengan sertifikat situs. Jangan masukkan informasi penting pada laman. Sertifikat tidak valid atau masalah https yang gawat menandakan adanya pihak yang mencoba memalsukan koneksi Anda ke situs.

Pesan peringatan SSL
Anda mungkin mendapatkan pesan peringatan saat Chrome mendeteksi bahwa situs yang dikunjungi mungkin berbahaya untuk komputer Anda.

PESAN PERINGATANARTINYA
Situs ini mungkin bukan yang Anda cari!
Pesan ini tampil saat URL yang terdaftar pada sertifikat situs tidak sesuai dengan URL situs yang sebenarnya. Situs yang akan dibuka mungkin berpura-pura menjadi situs lain. Pelajari lebih lanjut tentang peringatan ini
Sertifikat keamanan situs tidak tepercaya!
Pesan ini tampil jika sertifikat tidak dikeluarkan oleh organisasi pihak ketiga yang dikenali. Karena siapa pun dapat membuat sertifikat, Google Chrome akan memeriksa apakah sertifikat situs tertentu berasal dari organisasi yang tepercaya. Pelajari lebih lanjut tentang peringatan ini
Sertifikat keamanan situs telah kedaluwarsa!
atau
Sertifikat keamanan server masih belum valid!
Pesan ini tampil jika sertifikat situs bukan yang terbaru. Oleh karena itu, Google Chrome tidak dapat memastikan bahwa situs itu aman.
Sertifikat keamanan server dibatalkan!
Pesan ini tampil jika organisasi pihak ketiga yang menerbitkan sertifikat situs telah menandai sertifikat tersebut sebagai tidak valid. Oleh karena itu, Google Chrome tidak dapat memastikan bahwa situs itu aman.

Menampilkan detail selanjutnya tentang situs
Klik ikon ssl, https atau ikon gembok untuk menampilkan detail lain tentang identitas situs, sambungan Anda, dan riwayat kunjungan situs tersebut.

Identitas situs
Situs yang menggunakan SSL menyediakan sertifikat keamanan kepada peramban untuk keperluan verifikasi identitasnya. Semua orang dapat membuat situs web menyerupai situs lain, tetapi hanya situs yang asli yang memiliki sertifikat keamanan yang sah untuk URL yang ingin dituju. Sertifikat yang tidak sah dapat berarti seseorang mencoba mengutak-atik sambungan Anda ke situs.

IkonArtinya
https, gembok hijauSertifikat keamanan situs valid dan telah diverifikasi oleh otoritas pihak ketiga yang tepercaya.
lansiran jingga, tanda seru jingga
Situs tersebut belum menyediakan sertifikat keamanan kepada peramban. Hal ini wajar pada situs HTTP yang biasa (lihat ikon http pada bilah alamat), karena umumnya sertifikat hanya disediakan jika situs menggunakan SSL.
gembok merah, sertifikat situs
Google Chrome mendeteksi ada masalah dengan sertifikat situs. Anda harus berhati-hati untuk melanjutkan penggunaan situs karena situs mungkin berpura-pura menyerupai situs lain untuk mengecoh Anda membagikan informasi pribadi atau penting lainnya dengan mereka.

Sambungan Anda ke situs
Google Chrome memberi tahu Anda apakah sambungan Anda dienkripsi penuh. Jika sambungan Anda tidak aman, pihak ketiga mungkin dapat melihat atau mengutak-atik informasi yang Anda sediakan pada situs.

Ikon
Apa artinya
gembok hijauGoogle Chrome berhasil membuat sambungan aman dengan situs yang Anda tampilkan.
lansiran jinggaKoneksi Anda ke situs tidak dienkripsi. Hal ini wajar untuk situs HTTP biasa (lihat ikon ikon bola dunia pada bilah alamat).
lansiran abu-abu
Koneksi Anda ke situs dienkripsi tetapi Google Chrome mendeteksi konten yang bercampur pada laman.Hati-hati jika Anda memasukkan informasi penting pada laman ini. Konten bercampur dapat menjadi celah bagi orang berniat jahat untuk memanipulasi laman yang sedang ditampilkan. Konten ini dapat berupa gambar atau iklan pihak ketiga yang tersemat pada laman.
gembok merah
Koneksi Anda ke situs dienkripsi, tetapi Google Chrome mendeteksi konten yang bercampur pada laman.Hati-hati jika Anda memasukkan informasi pribadi pada laman ini. Skrip campuran dapat menjadi celah bagi orang berniat jahat untuk mengambil alih laman. Konten ini dapat berupa skrip atau video pihak ketiga yang tersemat pada laman.
Jika Anda tersambung ke internet lewat jaringan nirkabel publik, skrip campuran sangat berisiko karena jaringan nirkabel lebih mudah diutak-atik dari jaringan kabel.

Riwayat kunjungan
Riwayat ini menunjukkan apakah Anda pernah mengunjungi situs sebelumnya. Tetapi jika Anda membersihkan tembolok dan kuki, riwayat kunjungan juga akan dibersihkan

IkonArtinya
lansiran biru
Anda pernah mengunjungi situs tersebut sebelumnya, ada kemungkinan Anda mempercayai situs tersebut.
lansiran jingga
Anda belum pernah mengunjungi situs. Pesan ini normal jika Anda tahu hal ini benar. Akan tetapi, jika situs nampak familier dan Anda tidak menghapus riwayat perambanan akhir-akhir ini, mungkin situs tersebut berpura-pura menjadi situs lain. Lanjutkan dengan hati-hati.


Sumber: Google Chrome Support

0 komentar :

Post a Comment